Sunday, May 27, 2007

Dinamika

Keputusan Rapat Anggota: Nusama Luar Biasa


Satu dinamika baru muncul lagi. Sejarah baru di organisasi para pemuda dan kaum intelektual Pelauw yang ada di kota Daeng. Nusama Luar Biasa. Nusama atau Musyawarah Besar adalah forum kekuasaan pengambilan kebijakan tertinggi di HIPPMAP. Sementara Nusama Luar Biasa adalah forum setara Nusama, namun diadakan akibat keadaan 'genting' dan 'luar biasa' dan pelaksanaannya adalah sebuah keharusan, urgensif. Nusama Luar Biasa diatur di dalam konstiusi dalam rangka pembubaran organisasi atau pelanggaran konstitusi oleh Ketua Umum. Nah, di forum inilah semua permasalahan menyangkut dua kondisi di atas akan dibahas dan dicari solusinya.

Selasa malam, 22 Mei 2007, bertempat di Sekretariat HIPPMAP, sekitar tujuh belas anggota menghadiri rapat anggota. Rapat anggota yang difasilitasi oleh Badan Pengurus ini berjalan lancar dan diliputi 'ketegangan' silang pendapat oleh para anggota. Peserta rapat sangat antusias berdiskusi, meski terjadi 'hal wajar' perbedaan argumen yang mencolok.

Rapat didahului dengan pembacaan surat somasi kader terhadap Ketua Umum. Selanjutnya Ketua Umum memberikan klarifikasi terhadap keputusannya terlibat dalam politik prakltis di Maluku Tengah, dengan memberikan dukungan tertulis kepada salah satu kandidat bupati beberapa waktu yang lalu. Klarifikasi ini mendapat tanggapan serius dari peserta rapat. Ada peserta yang menolak dan ada pula yang mendukung. Forum jadi tegang. Masing-masing memiliki argumen. Akhirnya, setelah berdebat (tidak sampai berkelahi loh), peserta bersepakat untuk mengadakan Nusama Luar Biasa sebagai forum yang pas untuk itu.

Comments: Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]